Bitcoin

Pertanyaan

Apa arti dari Bitcoin?


Jawaban:

Bitcoin (₿) adalah cryptocurrency yang ditemukan pada tahun 2008 oleh seorang yang tidak dikenal atau sekelompok orang menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Mata uang ini mulai digunakan pada tahun 2009 ketika implementasinya dirilis sebagai open source software.

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi, tanpa bank sentral atau administrator tunggal, yang dapat dikirim dari pengguna ke pengguna di jaringan bitcoin peer-to-peer tanpa memerlukan perantara. Transaksi diverifikasi oleh node jaringan melalui kriptografi dan dicatat dalam buku besar yang didistribusikan publik yang disebut blockchain.

Bitcoin dapat diperoleh dari proses yang dikenal sebagai mining (penambangan). Bitcoin dapat ditukar dengan mata uang, produk, dan layanan lain.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge memperkirakan bahwa pada tahun 2017, terdapat 2,9 hingga 5,8 juta pengguna unik yang menggunakan dompet cryptocurrency, kebanyakan dari mereka menggunakan Bitcoin.

Bitcoin telah dikritik karena penggunaannya dalam transaksi ilegal, banyaknya listrik yang digunakan oleh para miners (penambang), volatilitas harga, dan pencurian dari bursa. Beberapa ekonom, termasuk beberapa peraih Nobel, telah mencirikannya sebagai gelembung spekulatif di berbagai waktu.

Bitcoin juga telah digunakan sebagai investasi, meskipun beberapa badan pengatur telah mengeluarkan peringatan investor tentang bitcoin.[1]

Referensi

1https://en.wikipedia.org/wiki/Bitcoin